Wacana PPN Naik jadi 12 Persen akan Ada Efek Domino, Pemerintah Perlu Lakukan 4 Kebijakan Pro Rakyat

Uncategorized18 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Legislator DKI Jakarta mengkritisi rencana Pemerintah Indonesia yang akan menaikan pajak pertambahan nilai (PPN) dari 11 persen menjadi 12 persen pada Januari 2025 mendatang.

Kebijakan tersebut dianggap pengawas Pemerintah DKI Jakarta itu bisa memberatkan warga, khususnya rakyat Jakarta.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter mengatakan, wacana itu bisa memicu efek domino bagi perekonomian warga kelas menengah dan ke bawah.

Dia lalu menyarankan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak domino ini.

“Untuk mengurai seluruh permasalahan tersebut, pemerintah perlu mempertimbangkan langkah-langkah yang dianggap strategis,” ujar Jupiter dari keterangannya, Sabtu (16/3/2024).

Jupiter mengurai, langkah pertama adalah menerapkan kebijakan yang pro-rakyat.

Caranya dengan memberikan subsidi dan bantuan sosial kepada masyarakat kelas menengah dan bawah untuk meringankan beban mereka.

“Kedua memperluas basis pajak. Mencari sumber penerimaan negara alternatif dengan memperluas basis pajak, bukan hanya mengandalkan PPN,” kata Jupiter.

Ketiga, lanjut Jupiter, meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja negara. Pemerintah harus memastikan setiap rupiah uang pajak digunakan secara optimal untuk kepentingan rakyat.

“Keempat, melibatkan publik dalam proses pengambilan kebijakan. Mendengarkan aspirasi dan masukan dari masyarakat sebelum memutuskan kebijakan yang berdampak luas,” ungkap anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini.

Baca juga: Temui Menteri PPN Bappenas Suharso Monoarfa, BPP HIPMI Bahas IKN Hingga Indonesia Emas 2045

Menurutnya, kenaikan PPN 12 persen bukanlah solusi instan untuk mendongkrak penerimaan negara.

Dampak dominonya pada ekonomi dan kesejahteraan masyarakat perlu dikaji secara mendalam dan dipertimbangkan dengan matang.

Jupiter berujar, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus bersinergi mencari solusi terbaik untuk mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan penerimaan negara tanpa mengorbankan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga  BSI Tower, Usung Konsep Green Building dan Diproyeksikan Jadi Financial Center di Indonesia

Dia mengajak semua pihak agar menjadikan momentum ini untuk mendorong reformasi perpajakan yang lebih adil dan berkelanjutan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *