Tingkatkan Kesejahteraan Warga dan Pelestarian Lingkungan, Kolaborasi Dilakukan di Raja Ampat

Uncategorized19 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Kolaborasi dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga pelestarian lingkungan di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Langkah itu dilakukan dengan pendampingan pengembangan masyarakat, melakukan renovasi dermaga, tempat ibadah, fasilitas MCK, serta penanaman mangrove yang ada di Kampung Mutus dan Kampung Manyaifun (di Pulau Mutus). 

Selain itu juga masih ada kegiatan rehabilitasi terumbu karang di Pulau Yefkabu, Distrik Waigeo Barat, Raja Ampat.

Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ihsanuddin Usman mengatakan semua itu dilakukan lewat Program Kolaborasi Konservasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat. 

Baca juga: Marcell Chandrawinata Bintangi Sinetron Ijabah Cinta, Ini Cerita Akting Perdana dengan Ranty Maria

“Kami juga memberikan bantuan alat tangkap ikan dan kebersihan bagi warga. Lebih dari 200 nelayan dan 600 warga menjadi penerima manfaat program ini,” ujar Ihsanuddin lewat keterangan, Sabtu (9/3/2024). 

Pada kesempatan itu Pelindo sebagai koordinator, menginisiasi dan mengkoordinir 11 BUMN lain mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan di Raja Ampat.

“Program ini komitmen BUMN meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur yang mendukung kegiatan ekonomi dan sosial, peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan, pelestarian lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati,” paparnya.

Kegiatan yang dilakukan mencakup pendampingan pengembangan dan pelibatan masyarakat selama 4 bulan.

Baca juga: Intan Ayu Pernah Merasa Tidak Percaya Diri hingga Ketakutan Setiap Bertemu Orang, Ini Penyebabnya

Di Kampung Mutus, salah satunya, dilakukan renovasi dermaga untuk mendukung aktivitas warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

“Kami berharap program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat,” pungkas Ihsanudin.

Sementara itu, Sekretaris Kampung Mutus, Obet menyampaikan apresiasi kepada 12 BUMN yang memberikan bantuan renovasi infrastruktur dan pelestarian lingkungan di kampungnya.

Baca Juga  KPK Janji Pengusutan Kasus Korupsi Jelang Pemilu Tidak Terkait Urusan Politik

Kolaborasi ini diharapkan jadi awal kerjasama yang lebih luas untuk meningkatkan kesejahteraan dan kondisi lingkungan di kampung mereka.

Selain Pelindo, ke-11 BUMN lain yang terlibat dalam kolaborasi ini adalah PLN, Pegadaian, Askrindo, PT PNM, Angkasa Pura II, Garuda Indonesia, Airnav Indonesia, ASDP, Indonesia Ferry, Jamkrindo, IFG dan Perum Perumnas.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *