Respon Gibran Rakabuming Raka Soal Presiden Jokowi Tak Ikut Kampanye di Pilpres 2024

Uncategorized60 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM – Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus ayahnya soal tidak ikut kampanye.

Sebelumnya Presiden Jokowi menegaskan bahwa dirinya tidak akan ikut berkampanye untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu ditegaskannya menanggapi kabar yang menyebutkan bahwa dia akan ikut dalam kampanye pada hari-hari terakhir menjelang pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Adapun kata Jokowi, pernyataannya belakangan ini hanya sekedar menegaskan bahwa presiden memang diperbolehkan undang-undang untuk berkampanye.

“Yang bilang siapa (saya mau ikut kampanye)? Ini, ini, ini saya ingin tegaskan kembali, pernyataan saya yang sebelumnya. Bahwa presiden memang diperbolehkan undang-undang untuk berkampanye,” ujar Jokowi.

Terkait hal itu, Gibran Rakabuming mengaku tidak tahu menahu ayahnya akan ikut kampanye atau tidak.

Ia mengaku sama sekali tidak mengetahui agenda Presiden Jokowi. Menurutnya, selama ini ia dan ayahnya memang kerap jalan sendiri-sendiri.

“Saya malah gak tau agendanya apa, kita kan jalan sendiri-sendiri,” ujar Gibran seperti dikutip dari Facebook Kompas.com pada Kamis (8/2/2024).

Sementara itu Jokowi memastikan tidak akan terlibat kampanye putranya di Pilpres 2024.

“Dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya. Tapi, jika pertanyaannya apakah saya akan ikut kampanye? Saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye,” tegas Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia menggunakan hak pilihnya pada hari Rabu pekan depan.

Baca juga: Disebut Tidak Bisa Kerja, Gibran Rakabuming Raka Anggap Ahok Seperti Mentornya

“Saya mengimbau, mengajak seluruh masyarakat agar menggunakan hal pilih, datang ke tempat pemungutan suara (TPS), memberikan suara sesuai pilihan,” kata Jokowi.

“Dan saya ingin menegaskan kembali bahwasanya TNI, Polri, termasuk BIN harus netral dan menjaga kedaulatan rakyat,” tutur Jokowi.

Baca Juga  Tiga Pansus DPRD Kota Bogor Bahas Raperda Baru, Ini Penjelasan Atang Trisnanto

Ia pun meminta agar KPU dan Bawaslu pusat hingga daerah memastikan jalannya pemilu yang berintegritas agar suara rakyat benar-benar berdaulat.

“Kita semua harus jaga pemilu damai jurdil, menghargai hasil pemilu dan bersatu padu kembali untuk membangun Indonesia,” tambahnya.

Ia pun meminta agar KPU dan Bawaslu pusat hingga daerah memastikan jalannya pemilu yang berintegritas agar suara rakyat benar-benar berdaulat.

“Kita semua harus jaga pemilu damai jurdil, menghargai hasil pemilu dan bersatu padu kembali untuk membangun Indonesia,” tambahnya.

(Wartakotalive.com/DES/Kompas.com)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *