Perjalanan Hidup Imam Budi Hartono: Anak Sopir Taksi yang Kini Jadi Wakil Wali Kota Depok

Uncategorized29 Dilihat

Laporan wartawan TribunnewsDepok.com, M Rifqi Ibnumasy

WARTAKOTALIVE.COM, PANCORAN MAS – Melalui akun Instagram, Imam Budi Hartono membagikan kisah perjalanan hidupnya hingga menjadi Wakil Wali Kota Depok.

Perjalanan pria yang kerap disapa Bang Imam untuk mewujudkan cita-citanya satu-persatu tak selalu manis, bahkan penuh rintangan.

Terlahir dari keluarga sederhana, ayah seorang sopir taksi dan ibu berperan sebagai ibu rumah tangga, Bang Imam kecil harus berbagi dengan enam saudaranya.

“Keluarga saya bukanlah dari kalangan yang punya, bapak saya hanya seorang sopir, rumahnya ngontrak anak 7, ibu saya atau emak saya ibu rumah tangga biasa enggak punya pekerjaan,” kata Imam, dikutip pada Minggu (25/2/2024).

Derai air mata mewarnai perjalanan Bang Imam untuk meraih cita-cita. Dalam kesempitan, ia bahkan pernah kesulitan untuk sekadar makan.

Meski demikian, Bang Imam muda tidak kecil hati dengan teman-temannya yang lebih mapan.

Bang Imam menyelesaikan sekolah lanjut tingkat atas di SMA Negeri 3 Jakarta yang notabenenya sebagai sekolah favorit kala itu.

Tak berhenti di situ, Bang Imam juga mampu melanjutkan jenjang perguruan tinggi di Universitas Indonesia dan lulus sebagai seorang insinyur.

Saat masih sekolah hingga kuliah, Bang Imam sudah aktif di berbagai kegiatan organisasi seperti Rohani Islam (Rohis).

Hal itu lah yang membawanya bergabung dengan Partai Keadilan (sekarang Partai Keadilan Sejahtera) di awal reformasi.

“Kalau saya jadi anggota DPRD Kota Depok Ibu masih ada, tapi bapak sudah meninggal pada reformasi di 98,” ungkapnya.

Di tahun 1999, Bang Imam berhasil menduduki kursi DPRD Kota Depok melalui Fraksi Madani.

Ia juga terlibat dalam Panitia Khusus Hari Jadi Kota Depok yang merancang rencana tata ruang wilayah Kota Depok di awal pembentukannya usai memisahkan diri dari Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Tak Perlu ke Samsat, Inilah Lokasi SIM Keliling Jakarta dan Gerai, Selasa 30 Januari

Selain menjadi Anggota DPRD Kota Depok, Bang Imam juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Jawa Barat pada Pemilu Legislatif 2009.

Puncaknya, pada Pilkada 2021, Bang Imam terpilih menjadi Wakil Wali Kota Depok mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris.

“Ketika saya dilantik jadi Wakil Wali Kota, Ibu dan orang tua saya tidak ada,” ungkapnya.

Bang Imam sangat berterima kasih kepada kedua orangtuanya yang telah mendidik dan mengantarkannya menjadi pribadi yang bermanfaat. (m38)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *