Mahfud MD Terusik Jokowi Bahas Anggaran Makan Siang Gratis, Pengamat Prihatin pada Perilaku Presiden

Uncategorized28 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang akhir masa jabatannya banyak bermanuver demi kepentingan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Terbaru, orang nomor satu di republik ini malah membahas anggaran makan siang gratis, yang menjadi program andalan Prabowo-Gibran.

Baca juga: Program Makan Siang Gratis Masuk RAPBN yang Disusun Pemerintahan Jokowi, Mahfud MD: Tidak Tepat

Tentu saja hal itu membuat banyak pihak terusik, karena dianggap janggal.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) periode 2019-2024 yang juga calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menilai tak tepat jika program makan siang gratis dialokasikan masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Sebagai informasi, program makan siang gratis merupakan program yang dicanangkan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Mahfud, RAPBN 2025 seharusnya masih menjadi program dari pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Baca juga: Airlangga Sebut Makan Siang Gratis Mulai 2025, Itupun Belum Se-Indonesia Tetapi Bertahap

“Ya mestinya kurang tepat, karena APBN itu nanti kan ditetapkan oleh pemerintah sekarang, tetapi kalau yang mau masuk program makan siang gratis kan pemerintah baru,” kata Mahfud saat ditemui di Bentara Budaya, Palmerah, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Menurut Mahfud, program itu dialokasikan ke dalam APBN Perubahan 2025 yang nantinya masuk dalam pemerintahan baru hasil Pilpres 2024.

“Mestinya itu menjadi program pemerintah baru yang baru bisa masuk nanti di APBN perubahan 2025, Juni ya, Juni tahun 2025,” katanya.

Namun, Mahfud tak terlalu mempermasalahkan lantaran hal itu bisa jadi sebatas usulan.

“Tetapi enggak apa-apa lah itu mungkin hanya sumbangan saja. Tetapi kalau dari segi tahapan, itu mestinya ditetapkan oleh pemerintahan baru,” kata Mahfud.

Baca Juga  Jelang Bulan Puasa, Ini Beberapa Bahan Pokok yang Alami Kenaikan Harga

Pemerintah memulai pembahasan program-program baru dari presiden dan wakil presiden terpilih dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2025.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, program yang mulai dibahas yakni makan siang gratis.

“Memang harus memasukkan program-program ikonik dari presiden terpilih. Tentu saja itu diperhitungkan, dan Bappenas sedang menyusun itu,” ujar Suharso di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *