Jaga Stabilitas Pasokan Beras di Jakarta, Panen Bersama Digelar di Kabupaten Karawang

Uncategorized92 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTAPanen padi bersama dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani Binaan PT Buana Tani Berkah dan PT Food Station Tjipinang Jaya di Desa Purwajaya, Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo mengatakan kerjasama dengan mitra Gapoktan di berbagai daerah sesuai amanat dari Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Menurutnya langkah yang dilakukan itu dalam rangka menjaga stabilitas pasokan beras di DKI Jakarta sekaligus menguntungkan kedua belah pihak termasuk para petani.

“Harapannya kolaborasi ini dapat memberikan imbal balik positif bagi kedua belah pihak, yakni DKI Jakarta terjaga ketahanan pangan sementara Petani Gapoktan meningkat kesejahteraannya,” ujarnya, lewat keterangan, Kamis (21/12/2023).

Baca juga: Ada 4 UMK Catat Potensi Order Penjualan B2B Rp6,15 M, Department Head Program TJSL: Capaian Terbaik

Panen bersama ini bentuk kolaborasi yang sudah dimulai sejak awal tahun 2023 dengan memberi pembiayaan berupa pupuk non subsidi, obat pertanian dan tenaga kerja.

“Kerja sama ini dilakukan di atas lahan seluas 164 Ha. Adapun varietas yang dibudidayakan adalah varietas Ciherang dan Inpari 32, saat ini yang akan dipanen adalah Inpari 32,” jelas Pamrihadi.

Melalui kolaborasi ini, produktivitas dapat ditingkatkan dengan pendampingan implementasi teknologi Good Agriculture Practice, penanganan panen dan standar kualitas gabah kering panen.

Hal ini bisa meningkatkan hasil yang lebih baik lagi bagi petani, karena produktivitas juga meningkat menjadi 9 persen per Hektar dari rata-rata 6,2 ton/ha menjadi 6,8 ton/ha.

Baca juga: Apa Peran, Tanggung Jawab Hingga Alur Kedinasan Masinis LRT Jakarta? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Direktur PT Buana Tani Berkah, Mirwan Purnama berharap kerja sama dengan PT Food Station Tjipinang Jaya tersebut bisa terus berlanjut dan luasan kerja samanya juga meningkat.

Baca Juga  Empat Polisi Kedapatan Konsumsi Narkoba, Kompolnas Salahkan Atasannya: Pelakunya Harus Dipecat

“Kehadiran Food Station sangat membantu petani, pada panen ini walaupun dalam kondisi kekeringan hasil panennya masih bagus dimana rata-rata 6,4 ton perhektar,” ucapnya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, menyampaikan harapannya melalui kerja sama ini dapat meningkatkan pasokan dan keterjangkauan harga yang akhirnya kestabilan harga beras di DKI Jakarta.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *