Iriana Acungkan Salam 2 Jari dari Mobil Presiden, KPU: Ibu Negara Bukan Jabatan

Uncategorized73 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) merespons soal aksi istri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Iriana yang mengacungkan salam dua jari dari mobil kepresidenan saat kunjungan kerja Presiden ke Salatiga beberapa waktu lalu.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari mengatakan aksi dari Iriana yang menyimbolkan bentuk dukungan ke Prabowo-Gibran itu tidak bermasalah.

Sebab, kata Hasyim, kapasitas Iriana yang merupakan ibu negara bukanlah suatu jabatan.

“Tak ada, ibu negara kan bukan jabatan,” kata Hasyim saat ditemui awak media di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Diketahui, aksi Iriana Jokowi mendapat sorotan usai ibunda dari cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka tersebut mengacungkan dua jari saat kunjungan kerja ke Salatiga bersama Jokowi.

Aksi itu mendapatkan sorotan, sebab aksi tersebut dilakukan Iriana saat sedang menumpangi mobil kepresidenan dengan pelat Indonesia 01.

Baca juga: Begini Respons Kaesang Terkait Pernyataan FX Rudy soal Ibu Negara Iriana Jokowi

Sebelumnya, Calon wakil presiden (cawapres) 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) merespons soal pose simbol dua jari yang diduga diacungkan Iriana Jokowi dari dalam mobil yang tengah dikendarainya saat kunjungan kerja ke Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Ditemui di pusat budidaya ikan air tawar di Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (25/1/2024), Cak Imin mengatakan tidak pantas pejabat negara berkampanye menggunakan fasilitas negara.

Hal itu dinilai oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah sesuatu yang memalukan.

Baca juga: Puisi Denny Indrayana untuk Jokowi, Singgung Khianati Megawati hingga Tas Branded Iriana Jokowi

“Ya kalau menggunakan fasilitas negara itu yang membahayakan. Jangan berkampanye menggunakan fasilitas negara. Memalukan,” ujar Cak Imin kepada awak media.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah memberikan respon soal acungan dua jari itu.

Baca Juga  Kumpul Akbar AMIN Sukses, Anies Dengarkan Pengalaman Unik Pendukungnya

Ia mengatakan mengatakan hal tersebut merupakan sesuatu yang menyenangkan.

“Ya kan menyenangkan. Menyenangkan,” kata Jokowi, usai menyaksikan penyerahan sejumlah Alutsista yang dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada TNI, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Jokowi tidak menjelaskan siapakah yang mengacungkan dua jari dari mobil Kepresidenan tersebut, apakah dirinya atau Iriana Jokowi.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *