Dapat Perlawanan saat Bubarkan Pengajian, Ketum GP Ansor Perintahkan Pasukan Banser Tunggu Komando

Uncategorized32 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA– Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin merespon gesekan yang terjadi antara anggota GP Ansor-Banser dan jemaah pengajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah di Surabaya, Jawa timur.

Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin menegaskan pihaknya tidak hendak membubarkan pengajian.

Hanya saja, pasukan Ansor-Banser menganggap bahwa panitia pengajian telah melanggar kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya, yakni membatalkan pengajian yang diisi Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Makanya, begitu tahu kegiatan pengajian tetap dilakukan, pasukan Banser merangsek menuju masjid tempat digelarnya acara untuk mempertanyakan komitmen panitia.

“Yang terjadi adalah sikap tegas kader GP Ansor terhadap gerakan intoleransi atas nama pengajian yang isinya adalah menyerang dan menistakan ajaran dan amaliyah warga Nahdliyin,” kata Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Baca juga: Saling Pukul, Banser Dapat Perlawanan Jemaah saat Bubarkan Pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Addin menambahkan, pihaknya tidak akan tinggal diam terhadap pengajian yang diisi penceramah intoleran seperti Riza Basamalah

Apalagi, Addin menuding bahwa Riza Basamalah akan mengubah sistem negara menjadi khilafah.

 “Kader-kader Ansor dan Banser selama ini tugasnya mengawal pengajian. Kami komitmen akan hal itu. Tetapi kami tegas dan tidak mundur selangkah pun terhadap pengajian-pengajian yang merongrong identitas kebangsaan Indonesia, intoleran, membangun narasi radikal, menghujat amaliyah NU, apalagi mau mengubah sistem negara,” tambah Addin. 

Adapun kericuhan yang terjadi, menurutnya, saat anggota Ansor-Banser hendak tabayyun kepada penyelenggara.

Baca juga: Dugaan Cawe-cawe Presiden Akan Dibahas dalam Hak Angket, Hamdan Zoelva Minta Jokowi Tak Khawatir

Justru, di momentum itu, mereka mendapatkan perlawanan dari jemaah pengajian yang hadir.

“Terjadi pengingkaran atas kesepakatan yang sudah dilakukan kedua belah pihak. Bahwa panitia tidak akan mendatangkan Syafiq Riza Basalamah, tetapi di lapangan itu berbeda,” imbuhnya.

Baca Juga  Refleksi Diri, Prabowo Subianto Mengaku Setiap Hari Diejek Guru Sebagai Bangsa Monyet

“Kendati kami dirugikan secara fisik, dan tentu saja juga penistaan terhadap amaliah NU, kami tetapi meminta kepada seluruh kader, utamanya di Surabaya, agar tidak terprovokasi dan menunggu komando dari pimpinan pusat,” sambungnya.

Viral di media sosial

Diberitakan sebelumnya, kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Surabaya batal digelar setelah puluhan anggota GP Ansor dan Banser merangsek ke dalam area tempat digelarnya kajian di Masjid Assalam Purimas, Suarabaya, Jawa Timur, Kamis (22/2/2024) petang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *