Cegah Politik Identitas Jelang Pemilu 2024, Ini Imbauan Pj Bupati Bogor

Uncategorized86 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG — Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bogor menggelar rapat koordinasi menghadapi Pemilu 2024 di Gedung Tegar Beriman, Cibinong Selasa (9/1/2024).

Rapat ini dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), para Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bogor.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan rapat kepemiluan ini digelar untuk menciptakan Pemilu 2024 damai tanpa konflik.

“Melalui rapat koirdinasi ini, kami ingin menperkuat komitmen dan sinergitas  dalam menjaga suasana kondusif jelang Pemilu 2024,” kata Asmawa di Cibinong, Selasa (9/1/2024).

Dia menjelaskan aparatur penyelenggara negara memiliki tanggung jawab untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi berjalan damai, aman, lancar, dan kondusif di Kabupaten Bogor.

“Ini adalah agenda strategis nasional. Mari kita pastikan bahwa Pemilu berjalan damai, aman lancar, sehingga pemilih dapat menyalurkan hak suaranya dalam rangka sukses kepemimpinan nasional lima tahun kedepan,” ujarnya.

Baca juga: Politik Identitas Kerap Dialamatkan ke Anies Baswedan, Timnas AMIN: Digembar-gemborkan, Tidak Adil!

Asmawa menghimbau kepada seluruh Camat, Kades, Lurah dan seluruh Forkopimcam untuk masif melakukan edukasi terkait pendidikan politik kepada seluruh masyarakat.

“Saya menghimbau dan ingatkan kades serta lurah agar jangan pernah berhenti dan lelah mengajak masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk melaksanakan hak politiknya memilih pemimpin negeri,” ungkapnya.

Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro mengajak seluruh stakeholder untuk menghindari politik identitas.

Baca juga: Wamenag Ingatkan ASN Pentingnya Kawal Pemilu 2024 dari Politik Identitas Beragama

“Politik identitas itu tidak boleh terjadi. Kita adalah bangsa yang besar punya Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD untuk menjaga kesatuan NKRI,” ujarnya.

Menurutnya, politik identitas bisa mengancam ketentraman kamtibmas, menimbulkan perpecahan, menimbulkan paham primordial, menganggap orang lain di luar identitasnya adalah musuh sehingga masyarakat jadi hancur.

Baca Juga  Beginilah Suasana Penemuan 4 Awak Pesawat Tempur TNI AU di Pasuruan dan Evakuasi Korban

“Jangan sampai politik identitas masuk ke seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Baca juga: Video Manifesto Ganjar Dinilai Pengamat Unair Mengedepankan Nalar dan Menolak Politik Identitas

Berkaitan dengan peran Polres Bogor dalam Pemilu serentak 2024,  Polres Bogor telah melaksanakan pertukaran data informasi bersama Pj. Bupati Bogor, Forkopimda, Forkopimcam dan elemen masyarakat agar terwujudnya situasi aman.

Polres Bogor juga mendapat bantuan pengamanan dari TNI untuk mereduksi setiap permasalahan yang ada dimulai dari tingkat RT dan RW.

“Kita berupaya agar masalah besar kita kecilkan dan masalah kecil kita tiadakan dengan menjunjung tinggi asas keadilan ditegakkan di tengah-tengah masyarakat,” beber Rio.

Baca juga: Polemik Ganjar di Tayangan Azan, Ruhut Sitompol: Mari Berpikir Positif, Ini Bukan Politik Identitas

Polres Bogor juga juga telah melakukan MoU dengan KPU dan Bawaslu untuk bersama-sama menjalankan proses pengamanan Pemilu 2024 berjalan dengan baik.

“Sarana dan prasarana yang kita miliki sudah kami siapkan untuk melayani masyarakat Kabupaten Bogor. Untuk penegakan hukum di Kabupaten Bogor, saya sudah memerintahkan Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, dan seluruh Polsek untuk bekerja maksimal,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, jajaran pejabat Pemkab Bogor,  Kapolres Kota Depok, Dandim 0508 Kota Depok, jajaran KPU Kabupaten Bogor, Bawaslu Kabupaten Bogor, Camat se-Kabupaten Bogor, Kades dan Lurah se-Kabupaten Bogor.

Baca berita WartaKotalive.com lainnya di Google News 
 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *