Bank Indonesia DKI Fasilitasi Rumah Potong Hewan di Jakarta Dapat Sertifikasi Halal

Uncategorized34 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, SENEN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta bakal berikan fasilitas kepada Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) untuk mendapatkan sertifikat halal.

Kepala Kantor Perwakilan BI DKI, Arlyana Abubakar mengatakan, tahun 2023 pihaknya sudah memberikan sertifikat halal kepada 48 pelaku UMKM di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Ia mengaku, pemberian sertifikat halal ini menggandeng Lembaga Pengembang Halal (LPH) Center.

“Semakin banyak Lembaga Pengembang Halal Center, semakin banyak bisa melayani dan pendampingan UMKM untuk dapat sertifikat halal,” tegas Arlyana, Selasa (20/2/2024).

Selain UMKM, Arlyana juga berikan pendampingan sertifikat halal kepada dua rumah potong hewan (RPH) atau unggas di Jakarta.

Ia menegaskan, pendampingan dan pemberian sertifikat halal kepada dua RPH dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta.

Baca juga: Dukung Ekonomi Bangkit, Ratusan UMKM Diberi Sertifikat Halal Gratis dan Bazar Sembako Murah

Tidak hanya dengan LPPOM, Arlyana juga akan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI untuk sertifikasi halal RPH.

“Sehingga, rumah potong hewan di Jakarta itu sudah tersertifikasi halal dan menjamin kehalalannya untuk dikonsumsi masyarakat Jakarta,” imbuhnya.

“Di tahun 2024, kami juga merencanakan penguatan sinergi pengembangan ekonomi syariah,” tambah Arlyana.

Wanita yang kenakan hijab cokelat itu menjelaskan, di tahun ini juga pihaknya akan membantu menerbitkan sertifikasi halal kepada pelaku UMKM di kawasan PIK Pantjoran, Jakarta Utara.

Menurut Arlyana, pelaku UMKM di PIK Pantjoran ini sangat ingin mendapatkan sertifikat halal.

Mengingat, kawasan PIK Pantjoran dikenal oleh masyarakat Jakarta sebagai tempat kuliner Chinatown.

“Di tahun ini juga kami masih akan tetap perkuat pendampingan dan pelatihan supaya UMKM dapat sertifikasi halal,” tuturnya. (m26)

Baca Juga  Adhiyat dan Malea Emma Perankan Dilan dan Mei Lien di Film 'Dilan 1983: Wo Ai Ni', Begini Ceritanya

 

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *