20 Bandara Angkasa Pura II Lakukan Penyesuaian Jam Operasi Hadapi Arus Mudik 2024

Uncategorized17 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG – Sebanyak 20 bandara di Indonesia yang berada di bawah naungan Angkasa Pura (AP) II akan melakukan penyesuaian jam operasional untuk melayani masyarakat.

Vice President of Corporate Communication AP II, Cin Asmoro, mengatakan hal itu dilakukan dalam rangka melayani masyarakat selama masa angkutan Lebaran 2024.

“Penyesuaian jam operasi akan dilaksanakan selama 16 hari, mulai 3 April hingga 18 April 2024 guna melayani pemudik dimasa angkutan Lebaran 2024,” ujar Cin kepada awak media, Rabu (20/3/2023).

Selain itu Angkasa Pura II juga akan memprioritaskan aspek keamanan, kelancaran, keselamatan dan pelayanan penumpang selama arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pasalnya, sejumlah bandara yang ditanggungjawabi oleh AP II mengalami peningkatan yang signifikan dalam permintaan jumlah penerbangan.

Oleh karena itu koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan dan regulator akan terus dilakukan secara berkala untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca juga: Polresta Bandara Soetta Gulung Sindikat Pembuat Video Porno Anak, Bermula dari Main ML dan FF

“Kami juga menetapkan standar waktu layanan titik interaksi penumpang ketika di bandara, misalnya pada titik security check point untuk pemeriksaan penumpang beserta barang bawaannya,” kata dia.

“Kenyamanan dan keamanan penumpang akan menjadi prioritas kami untuk menghadirkan ‘Mudik Ceria Penuh Makna’,” sambungnya.

Menurut Cin, pihaknya telah melakukan uji stres terhadap fasilitas-fasilitas yang tersedia, serta melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check pada terminal penumpang maupun sisi udara.

“Seluruh terminal yang ada di bandara menjadi tanggung jawab Angkasa Pura II, kami mengoperasikan terminal operation center sebagai pusat pengendali terminal,” jelas Cin Asmoro. 

Diberitakan sebelumnya, Angkasa Pura II memprediksi penumpang penerbangan pada masa angkutan Lebaran 2024 meningkat 12 persen atau mencapai 4,36 juta jiwa.

Baca Juga  Warga Takut Tolong Pemotor Wanita yang Matanya Tertancap Gagang Spion di Matraman

Jutaan penumpang selama periode arus mudik tersebut merupakan jumlah kumulatif dari 20 bandara yang dikelola AP II di seluruh Indonesia.

Baca juga: Angkasa Pura II Perkirakan Pergerakan Penumpang Capai 4 Juta Jiwa Saat Mudik Lebaran 2024

Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan realisasi masa angkutan Lebaran Tahun 2023 sebanyak 3,89 juta jiwa.

Sementara itu untuk Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, pergerakan penumpang diperkirakan naik tujuh persen atau sekira 2,58 juta orang.

Jumlah tersebut merupakan perolehan setengah dari angka yang diperkirakan di berbagai bandara lainnya.

Diketahui saat ini AP II saat ini mengelola 20 bandara di seluruh Indonesia, seperti Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak). Kemudian, Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).

Kemudian ada bandara Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi). 

Selain itu juga ada bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya, Radin Inten II di Lampung, H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Fatmawati Soekarno di Bengkulu dan bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. (m28)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *