5 tempat wisata sungai di Palembang kreatif

Hiburan, Lifestyle593 Dilihat

5 tempat wisata sungai di Palembang kreatif, Selamat datang di blog kami yang penuh dengan inspirasi perjalanan! Jika Anda mencari destinasi liburan yang kreatif dan menarik, Palembang adalah tempatnya. Terletak di Sumatera Selatan, kota ini dikenal dengan keindahan sungainya yang mempesona. Dalam artikel kali ini, kami akan mengajak Anda menjelajahi 5 tempat wisata sungai di Palembang yang wajib dikunjungi. Siapkah Anda untuk petualangan seru? Mari kita mulai 5 tempat wisata sungai!

Sungai Musi

Sungai Musi, juga dikenal sebagai “jantung” Palembang, adalah salah satu atraksi utama yang tidak boleh dilewatkan. Sungai ini memiliki sejarah panjang dan menjadi saksi perkembangan kota selama berabad-abad. Tidak hanya itu, Sungai Musi juga menawarkan pemandangan yang memukau dengan jembatan-jembatan ikoniknya yang menghubungkan bagian-bagian penting kota.

Menyusuri sungai ini dengan perahu tradisional disebut “ketek”, adalah pengalaman yang tak terlupakan. Anda bisa melihat kehidupan sehari-hari masyarakat lokal, seperti nelayan menjala ikan atau pedagang keliling menjajakan barang dagangan mereka. Jika Anda beruntung, Anda mungkin akan menyaksikan pertunjukan seni budaya di tepi sungai.

Salah satu spot favorit di Sungai Musi adalah Pulau Kemaro. Pulau ini terkenal karena Pagoda Buddha Toa Peh Kong yang menjadi tempat ziarah umat Buddha dari berbagai daerah. Di pulau ini juga terdapat makam Putri Kembang Manis, legenda cinta tragis antara Putri Kambang Sari dan putra raja Tiongkok pada abad ke-14.

Selain itu, ada juga Benteng Kuto Besak yang merupakan peninggalan masa kolonial Belanda. Dengan arsitektur megahnya dan lokasinya yang strategis di pinggir sungai, benteng ini memberikan panorama indah bagi para pengunjungnya.

Jadi jika Anda ingin merasakan atmosfer historis Palembang sambil menikmati keindahan alam sungai yang menakjubkan, jangan lewat

Jakabaring Sport City

Jakabaring Sport City merupakan salah satu tempat wisata sungai yang menarik di Palembang. Tempat ini menjadi pusat kegiatan olahraga dan rekreasi yang sangat populer bagi penduduk setempat maupun wisatawan dari luar kota. Terletak di sepanjang Sungai Musi, Jakabaring Sport City menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas seru.

Di Jakabaring Sport City, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sungai sambil berolahraga. Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan adalah menyewa perahu untuk menjelajahi Sungai Musi. Pengalaman melihat pemandangan indah sekitar sungai pastinya akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Selain itu, terdapat juga kompleks olahraga dengan fasilitas modern seperti stadion sepak bola Gelora Sriwijaya dan kolam renang internasional Aquatic Center. Bagi pecinta golf, terdapat juga lapangan golf internasional di area ini.

Tidak hanya itu saja, Jakabaring Sport City juga memiliki taman rekreasi air Waterboom Palembang yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-temanmu. Di sini kamu bisa bersantai sambil menikmati wahana air seru seperti water slide dan lazy river.

Bagi mereka yang ingin mencoba sensasi memancing di Sungai Musi, tersedia area pemancingan dengan fasilitas lengkap di Jakabaring Sport City. Jadi jika kamu penggemar hobi memancing atau ingin belajar memancing, tempat ini adalah lokasi ideal untuk menghabiskan waktu luang.

Dengan segala macam aktivitas dan fasilitas yang ditawarkan, Jakabaring Sport City menjadi

Baca Juga  5 tempat camping di kota Jakarta Selatan terkini

Kampung Betek

Kampung Betek adalah salah satu tempat wisata sungai yang kreatif di Palembang. Kampung ini terletak di tepi Sungai Musi dengan pemandangan yang menakjubkan. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar dan juga budaya lokal.

Salah satu hal unik tentang Kampung Betek adalah rumah-rumah berbentuk rakit yang terapung di atas air sungai. Pengunjung dapat menjelajahi kampung ini dengan naik perahu tradisional atau menyusuri jalan setapak yang menghubungkan rumah-rumah tersebut.

Selain itu, Kampung Betek juga memiliki taman bermain anak-anak yang dilengkapi dengan spot foto Instagramable. Para pengunjung dapat bermain ayunan atau bersantai di tepi sungai sambil menikmati suasana tenang dan damai.

Bagi pecinta kuliner, tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khas daerah seperti pempek dan tekwan. Banyak warung makan tradisional tersebar di sekitar kampun

Pulau Kiluan

Pulau Kiluan adalah salah satu tempat wisata sungai yang populer di Palembang. Terletak sekitar 80 kilometer dari pusat kota, pulau ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan kegiatan menarik bagi pengunjung.

Salah satu daya tarik utama Pulau Kiluan adalah pantainya yang cantik dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat bersantai di tepi pantai sambil menikmati panorama laut yang memukau. Tidak hanya itu, pulau ini juga terkenal sebagai rumah bagi lumba-lumba liar. Jika beruntung, Anda dapat melihat lumba-lumba melompat dan bermain di perairan sekitar pulau.

Selain itu, Pulau Kiluan juga merupakan tempat yang ideal untuk melakukan snorkeling atau menyelam. Di bawah permukaan lautnya terdapat kehidupan bawah air yang kaya akan warna-warni karang dan ikan-ikan tropis yang eksotis.

Bagi penggemar olahraga air seperti jetski atau banana boat, Pulau Kiluan juga menyediakan fasilitas tersebut untuk memberikan sensasi liburan yang lebih seru.

Untuk mengakses Pulau Kiluan, Anda dapat menggunakan perahu tradisional dari Pelabuhan Panjang atau berlayar dengan kapal pesiar selama beberapa jam. Perjalanan menuju pulau ini sendiri sudah menjadi petualangan tersendiri karena Anda akan melewati hamparan lautan luas dengan pemandangan alam nan elok.

Jadi jika Anda mencari destinasi liburan ekspedisi alam di Palembang, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Kiluan. Nikmati keind

Baca Juga  cara daftar kuliah di Palembang kreatif

Taman Punti Kayu

Taman Punti Kayu, destinasi wisata terakhir yang kami rekomendasikan adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Terletak di jantung kota Palembang, Taman Punti Kayu menawarkan pengalaman seru dengan berbagai wahana dan atraksi menarik.

Di taman ini, Anda bisa menjelajahi keindahan alam lewat perahu dayung atau bahkan menyewa sepeda air untuk melintasi sungai-sungai kecil yang ada di dalamnya. Selain itu, terdapat pula kolam renang dengan fasilitas lengkap bagi mereka yang ingin berenang atau sekadar bersantai di tepi kolam.

Selain aktivitas air, Taman Punti Kayu juga memiliki area bermain anak-anak dengan perosotan tinggi dan ayunan gantung. Area ini dirancang dengan aman sehingga orang tua dapat tenang sambil anak-anak mereka bermain.

Untuk para pecinta binatang, taman ini juga memiliki mini zoo yang memamerkan sejumlah hewan langka seperti burung kakaktua warna-warni dan monyet ekor panjang. Anda dapat berselfie ria dengan hewan-hewan lucu tersebut sebagai kenangan tak terlupakan dari kunjungan anda ke Taman Punti Kayu.

Setelah lelah berkeliling taman, jangan lupa mencoba makan-makanan enak khas Palembang di warung-warung makan tradisional yang tersebar di sekitar area taman. Nikmatilah hidangan Mpek-mpek atau pempek serta Tekwan hangat sebagai penutup petualangan wisata hari itu.

Baca juga artikel kami lainnya di detiknas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *