Ragam Tafsir Pernyataan Jokowi soal Kaesang yang Tak Maju Pilkada Depok, Belum Final?

Berita226 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan putra bungsunya, Kaesang Pangarep tidak bakal maju dalam Pemilihan Wali Kota Depok 2024. Hal ini Jokowi sampaikan saat bertemu dengan 19 pemimpin redaksi atau pemred media di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Agustus 2023. 

“Nggak (maju Pilwakot), dia mau jualan pisang, jadi nggak bener dia mau jadi wali kota,” kata Jokowi kepada para pemred, Kamis. 

Adapun Kaesang tak menjawab pertanyaan wartawan soal kabar dia akan maju di Pilwalkot Depok. Dalam acara pembukaan gerai bisnisnya Sang Pisang x Yang Ayam di Sawangan, Kaesang tidak menggubris pertanyaan ihwal rencananya maju Pilkada 2024 sebagai Depok pertama.

Ditanya berkali-kali mengenai langkah politik sebagai bakal calon Wali Kota Depok, Kaesang tidak memberikan komentar apapun. Dia memilih untuk meladeni permintaan swafoto.

Pengamat: bentuk kehati-hatian

Pengamat politik Citra Institute Efriza menilai pernyataan Jokowi bahwa Kaesang tidak maju di Pilkada Depok adalah bentuk kehati-hatian dalam berpolitik. Jokowi diduga khawatir pergerakan Kaesang menjadi blunder.

Menurut Efriza, pernyataan itu mungkin saja disampaikan Jokowi sebagai ayah. Namun, dia mengingatkan apa yang dilakukan Jokowi dan Gibran saat terjun ke politik.

“Jokowi diajukan sebagai Gubernur dan capres kala itu enggan memperlihatkan kesungguhan hati maju dalam politik pemilihan tersebut,” kata Efriza, Senin, 14 Agustus 2023.

Gibran juga melakukan hal yang sama. Dia menyatakan enggan ikut jejak ayahnya berpolitik, akhirnya tetap maju.

“Jika diamati keluarga itu punya sikap kehati-hatian, enggan menunjukkan antusiasme maju dalam pemilihan, menunggu hasil survei elektabilitas dan dorongan dari representasi masyarakat maupun dari internal partai,” papar Efriza.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Kadishub DKI Sebut Tarif Bus Transjakarta ke Bandara Soetta Diusulkan Rp 5.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *