Polusi Udara Jakarta Kian Memburuk, Heru Budi Bakal Perketat Izin Gedung Bertingkat Tinggi

Berita139 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan akan memperketat izin bangunan high rise building atau bangunan dengan ketinggian 18 meter atau lebih sebagai upaya menekan memburuknya polusi udara di Ibu Kota.  

“Kami akan tegas dan ketatkan kembali untuk mereka melakukan Green building,” kata Heru dalam konferensi pers setelah rapat dengan Presiden Joko Widodo, Senin, 15 Agustus 2023. 

Pemrov DKI mendorong pembangunan gedung-gedung menjulang dengan konsep ramah lingkungan. 

Selain itu, Heru mengatakan setiap lima wilayah kota di Jakarta sudah menambah ruang terbuka hijau untuk mengurangi polusi.

“Dari Oktober sampai sekarang ruang terbuka hijau sudah bertambah 800 lokasi Daan kami sudah menanam 216.000 pohon minimal 3 meter,” tuturnya.

Senin, 14 Agustus 2023, Heru Budi datang ke Istana Negara untuk mengikuti rapat penanganan polusi udara di Jakarta dan sekitarnya. 

Selain Heru Budi, ikut pula dalam rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Rapat yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu juga hadir Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Kualitas Udara Jakarta memburuk

Kualitas udara Jakarta diprakirakan tidak sehat bagi kelompok sensitif sepekan ini. Prediksi tersebut tercatat dalam prakiraan indeks kualitas udara (AQI) Jakarta yang Tempo lansir dari situs iqair.com pagi ini.

Iklan

Per pukul 08.00 WIB, kualitas udara Jakarta masuk kategori tidak sehat dengan nilai 153 AQI US. Untuk hari-hari berikutnya hingga Sabtu, 19 Agustus 2023, prakiraan kualitas udara Ibu Kota adalah tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Baca Juga  Somalia video twitter link

Situs pemantau kualitas udara, IQAir, mencatat tingkat polusi udara Jakarta sepanjang pekan ini berpotensi di angka 122-153 AQI US.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan memburuknya kualitas udara Jakarta dalam beberapa bulan terakhir disebabkan musim kemarau. Menurut dia, pada Juli hingga September nanti, musim kemarau sedang tinggi-tingginya.

“Sehingga berakibat pada kualitas udara menjadi kurang baik,” kata Asep saat konferensi pers di Gedung Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup, Jumat, 11 Agustus 2023 seperti dilansir dari Antara.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan mengatakan kualitas udara cenderung naik saat musim kemarau, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menyebut, kualitas udara Jakarta yang sempat membaik pada Sabtu pekan kemarin karena faktor akhir pekan. Dia memprediksikan kondisi udara Ibu Kota kembali memburuk saat hari kerja.

“Iya mungkin dan kembali lagi saat hari Senin,” ucap dia di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

M JULNIS FIRMANSYAH

Pilihan Editor: Berdasar Arahan Jokowi, ASN DKI Mulai September Kerja WFH-WFO



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *