Jokowi Prediksi Perkembangan Digitalisasi dan AI Mendominasi Ekonomi Dunia

Berita133 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menuturkan perkembangan digitalisasi dan artificial intelligent (AI) semakin penting dan mendominasi kehidupan perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Adopsi teknologi dalam perekonomian dapat memberikan manfaat yang signifikan apabila dihadapi dengan strategi yang tepat.

“Pembangunan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur fisik dan non-fisik terkait teknologi informasi terus ditingkatkan,” ujar dia dalam pidato tentang RAPBN 2024 Beserta Nota Keuangannya di Gedung DPR, pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Pekembangan itu, menurut Jokowi, membuka kesempatan Indonesia untuk bisa keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle- incometrap) tidak terbuka selamanya. Struktur penduduk muda akibat bonus demografi, kata dia, harus dimanfaatkan secara maksimal. 

Selain itu, transformasi ekonomi terus dilanjutkan untuk meningkatkan daya tarik investasi dan pembukaan lapangan kerja yang layak secara masif. Partisipasi Indonesia dalam rantai pasok global, tutur Jokowi, khususnya pada sektor berteknologi tinggi dan ramah lingkungan, terus didorong. 

“Perbaikan kualitas sumber daya manusia menjadi faktor utama transformasi ekonomi,” kata Jokowi.

Kepala negara itu menjelaskan bahwa reformasi pendidikan, sistem kesehatan, serta penguatan sistem jaring pengaman sosial yang berkelanjutan terus diperkuat. Pembangunan kualitas SDM yang sehat, produktif, dan inovatif juga menjamin inklusivitas serta keadilan terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada penduduk Indonesia yang tertinggal. 

Kebijakan fiskal ke depan dirancang dengan tujuan …



Quoted From Many Source

Baca Juga  Kombes Hengki Tak Perlu Diperiksa Buntut Anak Buah Aniaya Tersangka Narkoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *