Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat

Berita167 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi adanya gempa dengan magnitudo 4,6 mengguncang Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat, pada Senin dinihari, 7 Agustus 2023. Gempa terjadi pada pukul 01.14 WIB.

Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dipantau di Jakarta, pusat gempa berada di laut 18 kilometer barat laut Pulau Panjang. Koordinat gempa berada pada 8.36 lintang selatan dan 116.76 bujur timur dengan kedalaman 11 kilometer.

Getaran gempa dirasakan di Lombok Timur dengan skala III modified mercalli intensity (MMI) dan Lombok Utara dengan skala II-III MMI.

Skala mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa, terutama jika tidak terdapat peralatan seismograf di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.

Iklan

Pada skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan pada skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah terdampak untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan.

Pilihan Editor: Daftar Perairan Indonesia Bergelombang Tinggi 4 Meter sesuai Prediksi BMKG



Quoted From Many Source

Baca Juga  Tempat Nonton Bioskop Murah Di Palembang 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *