6 Cara Mengehentikan Kecanduan Selfie untuk Kesehatan Mental Lebih Baik

Berita255 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Di era media sosial seperti saat ini, banyak orang berlomba-lomba untuk menunjukkan eksistensinya. Salah satu caranya adalah dengan memposting banyak selfie atau foto diri. Fenomena selfie telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya digital masa kini. Namun kecanduan selfie dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental dan sosial seseorang. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menyembuhkan kecanduan selfie:  

1. Menyadari Kecanduan Selfie

dilansir dari The Treatment Specialist, Lybrate, dan Mirror Mediation, langkah pertama adalah menyadari bahwa kecanduan selfie telah menjadi masalah yang mempengaruhi keseharian dan kesejahteraan Anda. Penting untuk mengenali tanda-tanda bahwa kebiasaan ini telah berubah menjadi kecanduan yang mengganggu aktivitas dan hubungan sosial Anda.

2. Batasi Screen Time 

Kurangi waktu yang dihabiskan untuk mengambil selfie dan berinteraksi dengan media sosial. Batasi dan kelola screen time anda. Upayakan untuk memprioritaskan kegiatan di dunia nyata, seperti berinteraksi dengan teman, keluarga, dan menikmati aktivitas luar ruangan.

3. Penerapan Teknik Meditasi dan Mindfulness

Meditasi dan mindfulness dapat membantu Anda lebih sadar akan pola perilaku Anda. Teknik ini juga membantu mengurangi kecemasan, stres, dan dorongan untuk terus-menerus mengambil selfie. Meditasi cermin, misalnya, dapat membantu mengembangkan hubungan yang lebih positif dengan diri sendiri.

4. Konseling dan Terapi

Terapi kognitif perilaku (CBT) dapat membantu Anda mengidentifikasi akar penyebab dari kecanduan selfie dan belajar strategi untuk mengatasinya. Konseling juga dapat membantu meningkatkan harga diri dan mengembangkan hubungan sosial yang sehat.

Iklan

5. Fokus pada Aktivitas Positif

Alihkan perhatian dari selfie dengan terlibat dalam aktivitas yang memberikan kepuasan, seperti olahraga, seni, atau relaksasi. Aktivitas-aktivitas ini dapat membantu mengurangi keinginan berlebihan untuk terus-menerus mengambil selfie.

Baca Juga  Jub Jub link video twitter

6. Dukungan Sosial

Berbicara dengan teman, keluarga, atau anggota masyarakat yang Anda percayai dapat membantu dalam proses penyembuhan. Dukungan sosial dapat memberikan pemahaman, dorongan, dan perspektif yang bermanfaat.

Ketika mengatasi kecanduan selfie, penting untuk mengambil langkah-langkah bertahap dan realistis. Berhenti secara tiba-tiba mungkin sulit, tetapi dengan dukungan yang tepat dan upaya yang konsisten, kebiasaan ini dapat diubah menjadi perilaku yang lebih seimbang dan positif. Kesehatan mental dan emosional Anda adalah prioritas utama, dan mengambil langkah-langkah untuk menyembuhkan kecanduan selfie adalah langkah awal yang baik menuju hidup yang lebih seimbang dan bahagia.

Pilihan Editor: Sebabkan Risiko Fisik dan Psikis, Ini 6 Bahaya Kecanduan Selfie 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *